Temukan cara gampang untuk sukses

KIAT MENGONSUMSI SUPLEMEN

Tubuh manusia membutuhkan zat gizi yang cukup untuk meningkatkan kualitas hidup. Tanpa asupan gizi yang cukup, seseorang akan mudah jatuh sakit. Riset menunjukkan, setiap hari tubuh membutuhkan sekitar 45 jenis zat gizi.
Untuk bisa melengkapi kebutuhan 45 zat gizi itu, menu harian harus terdiri atas empat sampai lima jenis menu setiap kali santap. Asupan gizi ini bisa didapat dari zat-zat makanan yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya, karbohidrat, protein, lemak, sayuran berserat, dan susu. Melihat banyaknya kebutuhan zat gizi tersebut, rasanya, banyak dari kita yang mengalami kekurangan sejumlah zat gizi tersebut. Nah, untuk mengatasi kekurangan sejumlah zat gizi ini, kita memerlukan vitamin ekstra.
Kebetulan, belakangan ini, banyak dijual makanan tambahan atau food suplemen dan multivitamin. Bentuk dan jenisnya juga beragam. Ada yang berbentuk pil, cair, dan tablet.
Sedang fungsinya sangat beragam, sesuai zat penyusun di dalamnya. Namun, perlu Anda ketahui, suplemen dan multivitamin itu tidaklah sama. Suplemen merupakan makanan tambahan yang mengandung zat-zat tertentu, yakni vitamin, mineral, protein, serat, dan zat-zat gizi lainnya yang penting bagi tubuh. Sedangkan multivitamin merupakan kumpulan dari beberapa vitamin tertentu.
Hal-hal yang perlu diperhatikan agar tubuh kita mendapatkan hasil yang optimal setelah mengonsumsi food supplemen (Pemilihan yang tepat adalah kunci keberhasilan):
1. Lakukan detoksifikasi racun dari dalam tubuh minimal 2 kali dalam setahun. Akumulasi racun dalam tubuh tidak hanya mengakibatkan pada penyerapan nutrisi yang tidak optimal melainkan juga mengakibatkan menurunnya fungsi-fungsi organ tubuh termasuk sistem imunitas, juga berdampak pada tubuh yang mudah capek, lesu, kehilangan gairah dan energi.
2. Jaga keseimbangan asam basa tubuh dengan mengonsumsi daging (yang bersifat asam) dengan sayuran (yang bersifat basa) dengan porsi yang seimbang. Apabila sering mengonsumsi makanan yang bersifat asam, jangan lupa mengonsumsi suplemen yang dapat menetralisir sifat asam tersebut (menormalkan pH darah).
3. Pahami keadaan lingkungan disekitar kita tinggal dan bekerja termasuk perubahan cuaca. Apabila kita tinggal atau bekerja di tempat dengan tingkat polusi tinggi (dekat pabrik, kota besar dengan kemacetan lalu lintas, penggunaan alat-alat elektronik seperti HP, komputer, mesin-mesin pabrik dengan frekuensi/intensitas tinggi) maka perlu membekali diri dengan “ekstra” perlindungan melalui suplemen yang bersifat antioksidan & dapat menunjang daya tahan (imunitas tubuh).
4. Perhatikan pola makan baik dari segi waktu, frekuensi, kuantitas (porsi) dan kualitas (gizi). Apabila kita menyadari bahwa pola makan kita belum mengikuti pola 4 Sehat 5 Sempurna dengan gizi yang seimbang (terutama dengan menjamurnya makanan fast food saat ini) maka kita perlu untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, asam lemak esensial dengan produk suplemen yang bersifat multivitamin & mineral & kaya akan Phytonutrients.
Biasakan pola hidup sehat dengan istirahat dan olahraga yang cukup serta hindari stres yang berlebihan. Ingat, tubuh kita mempunyai daya tahan yang terbatas; walaupun mengonsumsi suplemen yang lengkap namun tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup, tingkat pengendalian stres yang baik serta olaharga yang cukup (tidak berlebihan) secara teratur, niscaya tubuh kita akan ambruk juga dan jatuh sakit!
Dari: Berbagai Sumber

0 comments:

Post a Comment

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere