Temukan cara gampang untuk sukses

TIPS MEMILIH SUPLEMEN

Rutinitas sehari-hari membuat sebagian orang tak bisa memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin yang memadai. Gantinya, mereka mengonsumsi berbagai suplemen makanan.
Pada dasarnya orang yang masih sehat, segar, dan berusia muda tidak perlu mengonsumsi suplemen maupun multivitamin. Karena, bila masih muda sudah mengonsumsi suplemen, maka daya tahan tubuh terhadap penyakit malah akan menjadi berkurang karena tergantung asupan suplemen dan tidak alami.
Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan utuk memilih suplemen yang dibutuhkan:
Cari informasi sebanyak-banyaknya & konsultasikan masalah kesehatan anda dengan orang yang tepat (Dokter, Ahli Gizi, Konsultan Produk). Juga lakukan cek kesehatan secara berkala agar rekomendasi produk yang diberikan benar-benar tepat bagi kebutuhan tubuh anda. Konsumsi suplemen yang tidak tepat berakibat pada kurangnya manfaat yang dapat dirasakan bagi kesehatan anda. Kualitas kesehatan anda sangat ditentukan oleh Pemilihan suplemen yang tepat & Detoksifikasi secara teratur /berkala (Min. 2 kali/tahun)
Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk suplemen, perhatikan dengan seksama komposisi zat yang terkandung didalamnya. Kuncinya adalah keseimbangan bukan kelebihan.
Perhatikan apakah suplemen tersebut
menggunakan zat sintetis atau alamiah (contoh Vit. E sintetis dl-alpha tocopherol vs Vit. E alamiah d-alpha tocopherol), menggunakan zat/komponen biasa atau bermutu (Branded Ingredients) karena sangat menentukan efektifitas baik kinerja maupun penyerapannya dalam tubuh.
Perhatikan tanggal kadaluarsa (Exp. Date) guna menjamin kemurnian, kesegaran dan kualitas produk. Agar awet, produk suplemen hendaknya disimpan pada tempat yang sejuk (Max 30 derajat C), hindari paparan sinar matahari langsung & tempat dengan kelembaban tinggi /gelap. Karena produk suplemen bebas dari bahan pengawet, ini membuatnya sangat rentan terhadap kerusakan & oleh karena itu, konsumsi sampai habis begitu segel/tutup dibuka.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
  1. Ikuti anjuran pemakaian produk karena cara pemakian yang tepat turut menentukan efektifitas produk (termasuk dosis & waktu pemakaian). Suplemen Multivitamin & Mineral, Antioksidan, Konsentrasi & daya ingat, Kelancaran peredaran darah & suplai oksigen dalam darah, sebaiknya dikonsumsi disiang hari setelah makan disaat stamina mulai menurun. Suplemen untuk kecantikan kulit, kekuatan tulang, detoksifikasi, rambut, precursor hormone & hormonal, lebih baik dikonsumsi malam hari menjelang tidur.
  2.  Kualitas kesehatan seseorang sangat ditentukan oleh gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung komposisi gizi seimbang & variatif, istirahat cukup,olahraga teratur serta pengendalian stres. Karena hal tersebut sulit terpenuhi, mengonsumsi suplemen mutlak diperlukan agar kondisi kesehatan selalu pada tingkat optimal.
Namun, hati-hati dalam penggunaan suplemen. Menurut catatan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (The US Food and Drug Administration/ FDA), pada 2003 terdapat hampir 62.000 laporan keracunan makanan suplemen. Dari ribuan kasus tadi, 1.000 kasus di antaranya cukup parah, dan mengakibatkan kematian 7 orang. Ironisnya, hampir 2.500 kasus malah menunjukkan kemunculan efek yang berlawanan dari khasiat yang diiklankan.
Dari: Berbagai Sumber
“Health is not Everything, but without Health, Everything is Nothing”

0 comments:

Post a Comment

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere